Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis ,
 yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan 
dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk
 nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun 
hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang 
saham, masyarakat.
Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang 
beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang 
dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan 
peraturan yang berlaku.
Etika Bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan 
termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan 
pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, 
transparan dan sikap yang profesional.
Tiga pendekatan dasar dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis, yaitu :
- Utilitarian Approach : setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya. Oleh karena itu, dalam bertindak seseorang seharusnya mengikuti cara-cara yang dapat memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, dengan cara yang tidak membahayakan dan dengan biaya serendah-rendahnya.
- Individual Rights Approach : setiap orang dalam tindakan dan kelakuannya memiliki hak dasar yang harus dihormati. Namun tindakan ataupun tingkah laku tersebut harus dihindari apabila diperkirakan akan menyebabkan terjadi benturan dengan hak orang lain.
- Justice Approach : para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama, dan bertindak adil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan baik secara perseorangan ataupun secara kelompok.
- Sebutkan nama lengkap
- Berdirilah saat memperkenalkan diri
- Ucapkan terima kasih secukupnya
- Kirim ucapan terima kasih lewat email setelah pertemuan bisnis
- Jangan duduk sambil menyilang kaki
edited by : Anggi N. Saputra
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
